Sambel Tumpang/ Lethok: Kudapan Ekstrim dari Solo

28 Jul

sambel tumpang lethok solo tempe semangit busuk Gambar 1. Seporsi Sambel Tumpang/ Lethok

Sebutannya sambel Tumpang atau sambel Lethok. Berbahan utama tempe. Merupakan makanan khas Solo. Saya sudah sering memakan masakan tersebut sejak kecil. Ibu saya yang orang Solo sering membuatnya di rumah. Rasanya pedas-gurih. Sambel tumpang yang kaya protein nabati biasa disantap bersama sayuran rebus atau lalap yang tinggi vitamin dan serat. Benar-benar nikmat dan sehat. Dan juga ekstrim. Mengapa ekstrim?

Jadi begini, meskipun nikmat, tidak jarang orang enggan memakan kudapan tersebut sebab pembuatannya mengikutsertakan tempe busuk. Karena image dari busuk adalah bau, menjijikkan, dan belatungan, maka banyak orang merasa jijik bahkan hanya dengan membayangkannya saja. Tetapi, sesungguhnya tempe busuk yang dimaksud untuk bahan sambel Tumpang adalah tempe yang warnanya gelap dan aroma semangitnya sangat kuat sebab tempe disimpan dalam jangka waktu yang lama. Kadang memang ditemui ada belatung di tempe busuk. Tempe busuk yang berbelatung seperti itu (oleh ibu saya) tidak diambil menjadi bahan. Tempe yang warnanya gelap, beraroma sangit sangat kuat, kering, dan tidak ada belatung lah yang digunakan sebagai bahan sambel Tumpang (oleh ibu saya). Tapi, kalau di lain belahan tanah Jawa ada orang lain yang memasak sambel Tumpang menggunakan tempe yang busuk dalam arti harafiah kemudian memakannya, bisa disebut itu asli ekstrim.

Apa fungsi dari tempe busuk sehingga digunakan sebagai campuran bumbu dalam masakan? Bau semangit dari tempe busuk dapat memantapkan nikmat aroma masakan sehingga menambah lahap orang saat makan. Orang-orang Jawa terdahulu percaya  bahwa selain temulawak, tempe busuk juga dapat meningkatkan nafsu makan. Apabila ada anak kecil susah makan maka orang tua akan mengambil beberapa tempe busuk kemudian dibakar, ditumbuk, dan dicampurkan dengan nasi hangat sebagai obat peningkat nafsu makan. Campuran tersebut disuapkan ke anak-anak yang susah makan dengan harapan nafsu makan anak-anak mereka meningkat.

Meskipun demikian, penambahan tempe busuk dalam sambel Tumpang dibatasi supaya rasa sambel Tumpang tidak pahit. Bahan tempe yang mendominasi untuk sambel Tumpang adalah tempe yang masih berwarna putih bersih namun sudah mengeluarkan aroma semangit. Selain tempe, sering pula diikutsertakan tahu dan telur rebus. Dapat digunakan tahu putih, tahu magel, atau tahu plempung. Telur yang digunakan dapat telur ayam, telur menthok, telur bebek, atau telur gemak.

Bumbu lain tentu juga mengayakan rasa olahan sambel Tumpang. Setidaknya ada dua belas bumbu yang digunakan, antara lain bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, santan kelapa, gula jawa, kencur, daun salam, cabai keriting, cabai rawit, garam, lengkuas, dan kemiri. Cara membuat sambel Tumpang akan segera saya upload dalam blog ini.

sambel lethok solo tempe semangitGambar 2. Sambel Tumpang/ Lethok

Sayuran yang digunakan sebagai pelengkap sambel Tumpang bisa jadi sayuran apapun yang disukai. Dalam gambar di bawah ini saya mempunyai buncis, wortel, kacang panjang, daun kenikir, daun lung (daun ketela rambat/ ubi), dan jipang (labu siam) yang direbus. Juga ada lalap kenikir dan tomat.

sayuran rebus lalap untuk sambel tumpang lethok soloGambar 3. Berbagai Macam Sayuran Rebus dan Lalapan

Atau kalian dapat menggunakan sayuran lain, apapun yang dapat kalian sebutkan. Bisa jadi sawi hijau, sawi putih, pakcoy atau sawi sendok, kecipir, bayam, daun singkong, kangkung, daun mbayung (daun kacang panjang), atau kecambah. Sayuran pahit (seperti kesukaan ibu saya) misalnya daun pepaya dan bunga turi rebus juga bisa digunakan apabila kalian mau. Lalap timun, kubis, leuncak, selada kriting, dan terong ranti (terong lalap) yang segar juga enak. Namun saya tidak sarankan pare, gambas (oyong/ trѐmѐs), dan terong panjang baik ungu maupun hijau karena saya tidak suka mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

thejulajulijuliana

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

mbejijath

a legend of unpredictable stupid story

YOURDAN HERLAMBANG

Bila sedang rindu, saya akan menulis

kamesem

Luwes Stories

Chacha Mariditha

This is my fantasy world! I write what I want to write.

Sanna's Blog

Semua... Segala.... Yang saya pikirkan, rasakan, alami, ketahui, dan cita-citakan tertulis di sini.

MEEL

Semua... Segala.... Yang saya pikirkan, rasakan, alami, ketahui, dan cita-citakan tertulis di sini.

Robusta Effect

Semua... Segala.... Yang saya pikirkan, rasakan, alami, ketahui, dan cita-citakan tertulis di sini.

krokettahu

menyelesaikan masalah dengan masalah

wordinstory

with a lot of words in this world, everyone can make a story

Catatan Perjalanan

Semua... Segala.... Yang saya pikirkan, rasakan, alami, ketahui, dan cita-citakan tertulis di sini.

Sam & Catatan Akhir Kuliah-nya

Semua... Segala.... Yang saya pikirkan, rasakan, alami, ketahui, dan cita-citakan tertulis di sini.

Segores Pena Phie

- catatan seorang perempuan angin -

Cerita Jemari

Semua... Segala.... Yang saya pikirkan, rasakan, alami, ketahui, dan cita-citakan tertulis di sini.

%d blogger menyukai ini: